CRM (Customer Relationship Management) mungkin merupakan salah satu sistem paling berharga yang dapat diterapkan oleh setiap usaha kecil. Sama pentingnya dengan orang-orang yang dipekerjakan dan akan memiliki pengaruh jangka panjang yang lebih signifikan.

Studi terbaru menunjukkan bahwa perusahaan dengan sistem CRM yang sepenuhnya digunakan dapat meningkatkan penjualan sebesar 29%. Bagaimana Anda membuat semua orang di perusahaan menggunakannya CRM?

1. Buat sederhana.

Kesalahan terbesar yang dilakukan kebanyakan perusahaan adalah mereka mencoba menerapkan sistem CRM yang terlalu rumit bagi karyawan untuk digunakan. Mereka melacak terlalu banyak informasi. Setiap sistem CRM hanya membutuhkan: Informasi prospek pesanan, tindak lanjut tanggal / pengingat dan tindakan, siapa yang ditugaskan, dan berapa besar peluangnya.

2. Latih karyawan berulang kali.

Buatlah mudah digunakan sehingga mereka bisa menyelesaikan pekerjaan mereka. Tunjukkan pada mereka cara menggunakannya dari laptop atau HP mereka. Identifikasi karyawan yang “cekatan” dan dapat menjadi pendukung untuk sistem CRM. Berikan imbalan bagi karyawan yang sudah berhasil menerapkan CRM.

3. Jadikan SOP

Setiap usaha perlu memperlakukan CRM mereka sebagai satu-satunya data untuk informasi. Oleh karena itu wajibkan karyawan untuk menggunakan CRM sebagai bagian dari tugas mereka.

4. Laporan.

Pastikan Anda bisa mendapatkan laporan real time dari data. Jawab pertanyaan seperti: Apa yang dilakukan Sales A minggu lalu? Apa peluang penjualan teratas? Apakah kita akan mencapai target penjualan kita pada kuartal ini?

Sumber : Forbes

P.S :
Di Aplikasi Rekap terdapat fitur yang mendukung CRM, sederhana dan sangat mudah untuk di gunakan seperti data pelanggan, analisa order pelanggan, follow up pelanggan, dll.