Sebagian besar pemain SEO tidak menggunakan Google Trends dan sebenernya itu menurut saya sangat disayangkan sekali karena ini dapat memberikan informasi tambah sebagai upaya pemasaran mereka.

Inilah masalahnya …

Google Trends memungkinkan Anda menjadi lebih strategis saat merencanakan taktik SEO Anda.

Ini menunjukkan kepada Anda bagaimana cara berpikir dan keinginan pelanggan. Mengetahui keinginan mereka berarti Anda dapat memanfaatkan dan mengirimkan produk dan layanan yang mereka inginkan dan pada waktu yang tepat.

Dalam posting ini, saya akan membagikan 3 strategi berbeda yang dapat Anda gunakan sekarang di Google Trends untuk meningkatkan SEO Anda.

Tetapi pertama-tama, penting untuk memahami dengan tepat cara menginterpretasikan fitur utama yang ditemukan di Google Trends:

Jika Anda sudah tahu ini maka jangan ragu untuk langsung beralih ke Strategi 1 :

1. MINAT DENGAN GRAFIK
Ini adalah grafik pertama tren Google yang menunjukkan Anda setelah mengetik istilah pencarian. Sebagai contoh saya telah mengetikkan istilah penelusuran ‘baju olahraga muslimah’ ke dalam Google Trends.

Melihat grafik di bawah ini, Anda dapat melihat orang-orang paling tertarik dengan ‘baju olahraga muslimah’ selama 12 bulan terakhir.

google trend baju olahraga muslimah

Penting: Google Trend tidak akan menunjukkan kepada Anda jumlah volume penelusuran seperti tools kata kunci lainnya, melainkan menunjukkan popularitas istilah penelusuran dari waktu ke waktu (diskalakan dari 0-100) dan nanti saya akan menjelaskan mengapa itu berguna.

2. MINAT BERDASARKAN WILAYAH
Diagram ini menunjukkan kepada Anda area Geografis mana yang paling tertarik pada istilah penelusuran yang Anda pilih, dalam kasus ini adalah “baju olahraga muslimah”.

Anda dapat melihat bahwa Jawa Barat yang menduduki peringkat pertama dalam minat kepada “baju olahraga muslimah”

minat berdasarkan wilayah

3. TOPIK PENCARIAN TERKAIT
Terakhir, Google Trends menunjukkan istilah penelusuran yang menurut Anda terkait dengan istilah penelusuran asli Anda.

Dalam contoh kami, berikut adalah istilah pencarian yang menurut Google terkait dengan “baju olahraga muslimah”.

topik terkait google trend

Topik terkait: Ini adalah istilah pencarian yang lebih luas yang menurut Google terhubung ke “baju olahraga muslimah”. Sebagai contoh, kita dapat mempertimbangkan dari grafik di atas bahwa orang-orang mungkin tertarik pada Hijab dan Sports.

Kueri terkait: Ini adalah istilah penelusuran yang lebih terkait erat dengan istilah penelusuran awal Anda dan penting juga untuk mengetahui bahwa istilah terkait ini berubah bergantung pada filter waktu yang Anda gunakan.

Ok, jadi sekarang Anda memiliki pemahaman yang baik tentang fitur utama Google Trends.

Pertanyaannya adalah: Bagaimana Anda menggunakan data ini untuk meningkatkan SEO Anda?

Strategi 1 – Temukan Kata Kunci yang Lebih Baik dengan Google Trends
Kebanyakan SEO menangani riset kata kunci dengan cara statis. Mereka menggunakan keyword planner favorit mereka, mulai mencari istilah pencarian terkait mencari beberapa lalu lintas tinggi sampai kata kunci kompetisi rendah untuk menargetkan.

Tetapi bagaimana jika ada cara lain untuk melakukannya?

Nah, itu melibatkan menggunakan Google Trends untuk melihat kata kunci dengan cara yang dinamis. Sederhananya, bagaimana kata kunci target saya berpengaruh terhadap waktu?

Berikut contohnya:

Katakanlah saya tertarik dengan istilah penelusuran “paket wisata pulau pari” dan menggunakan keyword planner favorit, saya menemukannya memiliki lebih dari 1600 rata- rata pencarian bulanan, terlihat bagus sejauh ini.

Oke, mari kita lihat bagaimana kata kunci ini bekerja di Google Trends.

paket wisata pulau pari google trend

Berdasarkan data diatas tidak begitu bagus jika di dilihat dari Tren 5 tahun terakhir, dan mungkin anda harus mempertimbangkan untuk memilih sebagai kata kunci utama yang ingin Anda targetkan dengan tren seperti itu.

Strategi 2 – Temukan Ide Konten Baru dengan Google Trends.
Strategi ini sangat bagus jika Anda mencari ide konten baru dan menginginkan metode sederhana untuk menghasilkan ide konten yang bagus untuk klien.

Saat memulai, Anda mungkin akan bertanya pada diri sendiri …

Apa sajakah ide konten hebat yang diminati oleh pemirsa target saya?

Apakah topik ini sudah dibanjiri oleh pesaing saya?

Di sinilah Google Trends menawarkan kepada Anda wawasan bermanfaat untuk anda. Pikirkan tentang hal ini dengan cara melihat istilah penelusuran yang paling populer dari waktu ke waktu dengan memilih filter Teratas pada kueri terkait.

Strategi 3 – Gunakan Google Trends untuk Konten SEO Lokal 
Banyak orang berjuang dengan ide-ide untuk menulis konten SEO lokal yang berfokus pada area lokal masing-masing.

Apa yang saya tulis? Dan apakah akan ada yang membacanya?

Kabar baiknya adalah Anda dapat menggunakan Google Trends untuk menghasilkan konten lokal yang menargetkan area tertentu di sekitar bisnis klien Anda dan lebih baik lagi, Anda akan tahu ada minat yang tulus karena Anda telah melakukan penelitian.

Sebagai contoh:

Katakanlah Anda memiliki klien yang menjalankan usaha service ac di Jakarta.

Masukkan “service ac” sebagai istilah penelusuran ke dalam tren Google dan di bawah filter lokasi pilih ‘Jakarta’ dan filter waktu “12 bulan terakhir”.

Inilah hasilnya:

Seperti yang Anda lihat, Google Trends menunjukkan area spesifik di Jakarta, tempat yang paling diminati service ac dalam 12 bulan terakhir termasuk istilah pencarian terkait.

Sekarang Anda memiliki beberapa pilihan bagus:

Misalnya buat artikel yang menargetkan area spesifik ini dan mulai mendorong lalu lintas bertarget tinggi ke bisnis klien Anda.

Contoh anda dapat membuat konten yang berfokus pada “Service Ac Pasar Minggu” atau kata kunci berdasarkan hasil dari Google Trends tersebut sehingga menghasilkan lebih banyak pengunjung website.

Sumber : Warrior Forum dan hasil analisa Tim Rekap

Rekap adalah aplikasi gratis untuk mengelola orderan dari pelanggan & reseller, cek ongkir dan lacak pengiriman, cetak label kiriman, sampai analisa dan laporan Anda. Semua dalam satu aplikasi. Sudah di gunakan oleh 400++ pengguna. Daftar sekarang!